Blogger templates

Pages

Rabu, 07 November 2012

Makalah Tentang Internet




Makalah tentang
INTERNET
Tugas TIK
           
















SMA 2 UNGARAN



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.........................................................................    i
DAFTAR ISI......................................................................................   ii

BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang……………………………………………        1
Permasalahan…………………………………………….        1
BAB II PEMBAHASAN
Sejarah Internet    …………………………………………..  2
Perangkat keras dan lunak untuk mengakses internet   ..          2
Manfaat dan kegunaan menggunakan internet     ……….            4
Dampak negative dan positive internet       …………………….       5
BAB III PENUTUP
Kesimpulan ……………………………………………….        6
Saran ………………………………………………………           6
Daftar Pustaka       …………………………………………….           7
















KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan karunia dan nikmat bagi umat-Nya. Alhamdulilaah Makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran TIK dengan Judul “INTERNET”, karena terbatasnya ilmu yang dimiliki oleh penulis maka Makalah ini jauh dari sempurna untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.
Akhirnya penulis berharap semoga Makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca.

             
              Penulis



Muhammad Mufti Ali  

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

PERMASALAHAN
Apa sajakah manfaat dan kegunaan mengakses internet ?
Bagaimana menghindari efek negative internet ?
Apakah internet membantu aktifitas masyarakat atau sebaliknya ?


 BAB II
PEMBAHASAN

Sejarah Internet.

            Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

B.        Perangkat Untuk mengakses internet
           
            Perangkat untuk mengakses internet ada 2 , yaitu perangkat keras atau hardware dan software. Yang termasuk Hardware antara lain adalah Satu unit computer , modem , concentrator , repeater, bridge, dan router. Sedangkan yang termasuk Software adalah Web browser, Web browser adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, music, dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman web di sebuah situs di internet atau jaringan local.
            Sebuah unit computer yang baik sangat diperlukan untuk berhubung ke jaringan internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah computer, maka dukungan untuk berhubungan unternet juga semakin baik dan juga akan semakin mempercepat proses pengaksesan. Untuk mengakses internet, komponen Hardware computer yang dibutuhkan adalah minimal Prosesor Pentium III 500 Mhz, RAM 64 MB, VGA card 4 MB, sound card dan multimedia, Hard disk minimal 10 GB, monitor CRT SVGA, speaker, mouse, dan keyboard. Untuk mengakses internet kita pasti juga memerlukan modem , modem sendiri adalah singkatan dari Modulator-demulator , modem adalah alat ang akan memsukan informasi digital ke sinyal pembawa yang sifatnya analog dan juga mengambil informasi yang dikirim dari sinyam pembawa. Tujuan utama modem adalah untuk membuat sinyal yang dapat dengan mudah dikirimkan di bagian pengiriman dan dengan mudah diubah menjadi sinyal digital lagi di bagian penerima. Menurut bentuk dan pemasangannya , modem dibagi menjadi 2 , yaitu Modem internal dan Modem eksternal. Modem internal adalah modem yang letaknya menyatu di dalam CPU computer, berupa kartu yang ditancapkan pada slot ekspansi di Motherboard. Sedangkan yang dimaksud modem eksternal adalah modem yang letaknya di luar perangkat computer dan untuk menghubungkan dengan computer digunakan kabel sambungan. Berdasarkan kecepatan informasi yang ditransfer, modem dibagi menjadi 5 , yaitu Modem Dial-up, ADSL, ISDN, Modem 3G, dan Modem Wireles Fidelity (WiFi).
            Selain Modem dan Komputer , untuk mengakses internet juga memerlukan Repeater, Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya. Ada juga Bridge, Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.dan yang terakhir adalah Router, Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda. ( Suber : http://ipotes.wordpress.com/2008/06/30/perangkat-keras-untuk-akses-internet/)
            Sedangkan Software untuk mengakses internet adalah Web browser, Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW)
Software Web Browser
Internet Explorer
Mozzila Fire Fox
Opera
Safari
Google Crome (Sumber : http://agussilba.wordpress.com/2010/08/18/104/)

C.        Manfaat dan kegunaan menggunakan internet.

            Internet telah banyak digunakan diberbagai bidang kehidupan dan digunakanoleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer, danlain-lain. Beberapa contoh manfaat penggunaan internet di berbagai bidang adalah :
a. Bidang Pendidikan

Untuk bidang pendidikan, internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyakreferensi keilmuan dari perpustakaan maya (Library Online) yang ada di internetdan sebagai media pembelajaran secara online, semisal belajar jarak jauh denganmenggunakan Teleconference Internet (e-learning)

b. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Untuk bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce.Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan lainsebagainya dapat dilakukan lewat internet tanpa harus berpergian.

c. Bidang Pemerintahan

Untuk bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Denganadanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi danlayanan kepada masyarakat secara maksimal dan juga dapat dipergunakan untuksaling mempererat hubungan pemerintahan antar suatu negara.

d. Bidang Sosial

Bidang sosial, internet dapat dipergunakan untuk memberikan informasi mengenaiberbagai macam kegiatan sosial yang telah, sedang atau akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana kegiatan sosial.

e. Bidang Keagamaan

Internet dapat digunakan untuk sarana diskusi, konsultasi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan lain sebagainya ( Sumber : http://www.scribd.com/doc/58143115/5/MANFAAT-PENGGUNAAN-INTERNET )

Di era globalisasi seperti sekarang ini, tentu penggunaan internet merupakan media yang sangat penting agar kita bisa terus mendapatkan informasi terbaru dari setiap perkembangan yang ada. Seperti misalnya perkembangan teknologi, perkembangan budaya, perkembangan ekonomi, serta berbagai perkembangan lainnya yang semakin hari semakin merubah cara hidup kita, dan itu semua karena penggunaan internet. Berbeda dengan zaman sekarang, yang mana semakin hari penggunaan internet jadi semakin lebih mudah untuk digunakan bagi seorang yang baru bisa menguasai Word Processor sekalipun. Asalkan mereka sudah mampu mengoperasikan teknik dasar dalam menggunakan komputer, maka sudah pasti penggunaan internet merupakan menjadi media baru bagi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. (Sumber : http://www.iprasblog.com/karena-penggunaan-internet-dunia-semakin-berubah/525)


D.        Dampak Negative dan Positive internet

            Sangat banyak manfaat internet yang bisa kita peroleh. Seperti juga sebuah pisau tajam, untuk apa? Tergantung kita        untuk menggunakannya, selalu ada pilihan dari dua sisi yang berlawanan. Dan ini juga berlaku hampir untuk semua hal di dunia. Semoga kita bisa mengambil yang terbaik dari kemajuan teknologi, sisi positif dari manfaat internet ini. Berikut ini adalah dampak positive dari internet :

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain (Sumber : http://usmanhabieb.wordpress.com/2012/01/04/dampak-positif-internet/)
            Internet tidak hanya mempunyai dampak positive, tetapi internet juga mempunyai dampak negative juga, berikut ini adalah dampak negative dari internet :
Dampak negatif  Internet diantaranya adalah sebagai berikut :
Situs mesum : tidak sekedar hanya membuka situs mesum yang sangat bisa merusak moral generasi muda (bahkan tua). Pelaku yang tidak bertanggung jawab sangat bisa dan sangat mudah untuk sekaligus menjadi pelakunya, dengan mengunggah atau meng-upload foto atau video mesum melalui internet. Bahkan hal ini menjadi berita hangat yang biasa terdengar, “hei, ada video mesum baru ni” atau hal-hal semacam itu. Juga ketika beberapa waktu lalu, artis Indonesia papan atas yang tersandung kasus video mesum ini sampai memberikan dampak luas di kalangan masyarakat.
Game online, permainan game memang bisa membuat hanyut para penggemarnya. Apalagi game online yang bisa berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh belahan dunia. Sangat mengasikkan sekaligus membuat kecanduan, menjadi “lupa daratan tidak ingat lautan”, lupa waktu, lupa kesehatan, boros biaya, (terutama bagi pelajar) dan lebih jauhnya lagi, game online bisa menjadi sarana perjudian

Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal..
Media sosial atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Friendster juga seperti game online. Bisa membuat kecanduan dan lupa, bahkan jejaring sosial Facebook sudah banyak menelan korban kejahatan dengan berbagai cara yang dilakukan pelakunya untuk menjerat korbannya.
Penipuan lewat internet, ini juga yang paling banyak ditanyakan, marak terjadi dan banyak yang menjadi korban. Layanan online bisa menjadi sarana untuk pelaku tindak kejahatan apapun namanya, untuk menjerat sasaran penipuan.
Dan masih ada dampak negatif internet ini. Tetapi, ketika kita hanya berhenti di sini, berpikiran buruk dan negatif tentang internet, kita hanya akan tinggal diam dan tidak pernah beranjak dari tempat, tidak pernah “kemana-mana” dan tidak bisa mengambil manfaat internet dari segi positifnya. Berikut ini beberapa manfaat positif internet. (Sumber : http://usmanhabieb.wordpress.com/2012/01/04/dampak-negatif-internet/)

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dari Pembahasan diatas tentang “INTERNET” dapat disimpulkan “
Internet adalah Sarana yang bermanfaat bagi manusia untuk berinteraksi dan mencari informasi dengan cepat.
Kita harus dapat memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya dan jangan mengambil sisi negative dari internet.
Banyak perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses internet.

Saran
Kita harus pintar-pintar mengambil manfaat dari internet.
Memberi mata pelajaran TIK dan Internet dari tinggak pendidikan SD agar anak-anakan dapat mengakses internet dan mengarahkan agar tidak mengambil atau melakukan hal negative di internet.
Membuat UU tentang Hak cipta di internet agar tidak banyak pembajakan di internet.

Daftar Pustaka


Materi di Lembar Kerja siswa (LKS)
http://ipotes.wordpress.com/2008/06/30/perangkat-keras-untuk-akses-internet/
http://agussilba.wordpress.com/2010/08/18/104/
http://usmanhabieb.wordpress.com/2012/01/04/dampak-positif-internet/
http://www.scribd.com/doc/58143115/5/MANFAAT-PENGGUNAAN-INTERNET
: http://www.iprasblog.com/karena-penggunaan-internet-dunia-semakin-berubah/525

3 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About